Senin, 06 Juni 2016

EVOLUSI PERANGKAT LUNAK

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Komputer merupakan sistem elektronik untuk manipulasi data yang berlangsung dengan sangat cepat dan akurat serta terorganisir untuk menerima input atau masukan,kemudian dilakukan pemprosesan hingga didapatkan output atau keluaran dibawah pengawasan suatu langkah-langkah atau instruksi program yang tersimpan di memori atau  storage program. Terdapat tiga komponen utama pada sistem komputer yaitu software, hardware, dan brainware.  Berdasarkan perkembangannya,  software  telah mengalami evolusi yang cukup signifikan yang terbagi atas empat era evolusi yaitu era pioner, era stabil, era mikro, dan era modern. Selain mengalalami empat tahapan evolusi, software juga terbagi atas dua yaitu software sistem dan software aplikasi. Pada makalah ini kita akan mengupas sedikit banyak mengenai evolusi perangkat lunak dari masa ke masa.

B. Rumusan Masalah
Adapun rumusan  masalah  yang  akan  dibahas  pada  makalah  yaitu  mengenai perkembangan teknologi perangkat lunak/software komputer.

C. Tujuan
Adapun tujuan dari makalah ini adalah :
1.      Untuk mengetahui apa itu perangkat lunak.
2.      Untuk   mengetahui   perkembangan   teknologi   perangkat   lunak atau software.
3.      Untuk mengetahui jenis perangkat lunak/software computer.


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Mengenal Perangkat Lunak atau Software Komputer
Dalam dunia teknologi informasi, kadang kita mendengar istilah tentang software atau perangkat lunak komputer. Dikatakan bahwa, keberadaaan hardware atau perangkat keras komputer tanpa ditunjang oleh perangkat lunak maka komputer tidak dapat digunakan, begitupun sebaliknya. Nama lain dari perangkat lunak komputer adalah software. Karena disebut juga sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh secara langsung oleh manusia, maka software atau perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik. Software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun bisa dioperasikan.

Pengertian software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui software atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.

Terdapat empat jenis software berdasarkan distribusinya yaitu software berbayar, freeware, free software, shareware. Software berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan).  Free Software lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus gratis. Shareware juga bebas tetapi   lebih   dibatasi   untuk   waktu   tertentu. Shareware   adalah   program terbatas didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang ditetapkan (misalnya 30 hari).

B. Perkembangan Teknologi Perangkat Lunak Komputer
1. Perkembangan Pembuatan Perangkat Lunak Komputer
Dari   perkembangan   perangkat   lunak,   kita   bisa   membayangkan   bagaimana perkembangan interaksi manusia dengan perangkat lunak. Bentuk paling primitif dari perangkat  lunak, menggunakan  aljabar  Boolean,  yang  di  representasikan  sebagai binary digit (bit), yaitu 1 (benar / on) atau 0 (salah / off), cara ini sudah pasti sangat menyulitkan, sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (2 byte), double word (32 bit). 

Kelompok-kelompok   bit   ini   di   susun   ke   dalam   struktur   instruksi   seperti penyimpanan, transfer, operasi aritmatika, operasi logika, dan bentuk bit ini di ubah menjadi kode-kode yang di kenal sebagai assembler. Kode-kode mesin sendiri masih cukup menyulitkan karena tuntutan untuk dapat menghapal kode tersebut dan format (aturan) penulisannya yang cukup membingungkan, dari masalah ini kemudian lahir bahasa pemrograman tingkat tinggi yang seperti bahasa manusia (bahasa Inggris). Saat ini pembuatan perangkat lunak sudah menjadi suatu proses produksi yang sangat kompleks, dengan urutan proses yang panjang dengan melibatkan puluhan bahkan ratusan orang dalam pembuatannya.2. Evolusi Teknologi Perangkat Lunak Komputer
a. Era Pioner
Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, gambar berikut memperlihatkan orang yang sedang menggunakan komputer.
Gambar 1.1 Menggunakan Komputer ENIAC
Cara lain dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada era ini,perangkat   lunak   merupakan   satu   kesatuan   dengan   perangkat   kerasnya. Penggunaan   komputer   dilakukan   secara   langsung   dan   hasil   yang   selesai dikerjakan komputer berupa print out. Proses yang di lakukan di dalam computer berupa baris instruksi yang secara berurutan di proses antara lain :
1) Batch Processing
Batch   processing adalah   suatu   model   pengolahan   data,   dengan menghimpun data terlebih dahulu, dan diatur pengelompokkan datanya dalam kelompok-kelompok yang disebut batch. Tiap batch ditandai dengan identitas tertentu,   serta   informasi   mengenai   data-data   yang   terdapat   dalam   batch tersebut. Setelah data-data tersebut terkumpul dalam jumlah tertentu, data-data tersebut akan langsung diproses.


Gambar 1.2 Batch Processing
Contoh dari penggunaan batch processing  adalah e-mail dan transaksi batch processing.   Dalam suatu   sistem batch   processing,   transaksi   secara individual dientri melalui peralatan terminal, dilakukan validasi tertentu, dan ditambahkan  ke   transaction   file   yang   berisi   transaksi   lain,  dan   kemudian dientri ke dalam sistem secara periodik. Di waktu kemudian, selama siklus pengolahan   berikutnya,   transaction   file   dapat   divalidasi   lebih   lanjut   dan kemudian digunakan untuk meng-up date master file yang berkaitan.
2 ) Distribusi Terbatas
3 ) Pembuatan Khusus

b. Era Stabil
Komputer sudah banyak digunakan dan terjangkau oleh kalangan industri dan perusahaan yang membawa pengaruh terhadap perkembangan perangkat lunak. Kemampuan multitasking (banyak program) dan multi user (banyak pengguna) sudah dikenal juga sistem basis data. Proses yang dilakukan oleh software pada era ini, antara lain :
1) Multi-Tasking dan Multi-User
Multitasking adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa inggris yang mengacu kepada sebuah metode dimana banyak pekerjaan atau dikenal juga sebagai proses diolah dengan menggunakan sumber daya CPU yang sama. Contoh sistem operasi jenis ini antara lain adalah linux. Linux adalah system operasi yang multitasking danmultiuser seperti kebanyakan SO yang ada pada saat ini. Multitasking pada linux artinya linux bisa atau mampu menjalankan beberapa proses dalam waktu yang bersamaan. Sistem   Multi-User   adalah   suatu   sistem   dimana   lebih   dari   satu   user menggunakan secara bersama satu atau lebih perangkat keras, piranti lunak dan data/ informasi , orang dan prosedur melalui masing-masing computer atau workstation.
2) Real Time System (Bekerja dengan cepat)
Real Time System Disebut juga dengan Sistem waktu nyata. Sistem yang harus   menghasilkan   responyang   tepat   dalam   batas   waktu   yang   telah ditentukan. Jika respon komputer melewati batas waktu tersebut, maka terjadi degradasi performansi atau kegagalan sistem.Sebuah Real time system adalah sistem yang kebenarannya secara logis didasarkan pada kebenaran hasil-hasil keluaran sistem dan ketepatan waktu hasil-hasil tersebutdikeluarkan. Aplikasi penggunaan   sistem   seperti   ini   adalah   untuk   memantau   danmengontrol peralatan   seperti motor,   assembly   line,   teleskop,   atau   instrument lainnya. Peralatan telekomunikasi   dan jaringan   komputer   biasanya   juga membutuhkan pengendalian secara Real time. Contoh adalah pemesanan tiket pesawat on line.
3) Progam Database
Database atau basis   data adalah   kumpulan   data   yang   disimpan   secara sistematis   di   dalam   komputer   yang   dapat   diolah   atau   dimanipulasi menggunakan   perangkat   lunak   (program   aplikasi)   untuk   menghasilkan informasi.

c. Era Mikro
Perangkat  lunak  pada era  ini   sudah berkembang  untuk   memenuhi kebutuhan individu. Harga perangkat lunak juga sudah terjangkau oleh individu. Perangkat lunak dapat dibedakan menjadi perangkat lunak sistem yang menangani perangkat internal   dan   perangkat   lunak   aplikasi   yang   digunakan   secara   langsung   oleh penggunannya untuk keperluan tertentu. Otomatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan. Oleh sebab itu, perangkat lunak pada era ini mengalami perkembangan proses berikut :
1) Sistem mulai tersebar ke beberapa kalangan masyarakat.
2) Software mengalami kecerdasan yang mempermudah penggunaannya.
3) Harga setiap software mulai terjangkau oleh individu.

d. Era Modern
Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan   microwave,   telah   ditanamkan   perangkat lunak   untuk   mengatur   operasi peralatan itu. Hebatnya lagi adalah setiap peralatan itu akan mengarah pada suatu saat kelak akan dapat saling terhubung. Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang,  tetapi telah menjadi pekerjaan banyak  orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa   mengenal   suara   dan   gambar.  Kecerdasan  perangkat lunak   pada   era   ini membuat proses perkembangannya semakin luas menjadi :
1) Sistem Desktop
2) Teknologi Objek
3) Sistem Pakar
4) Pemrosesan Paralel
5) Jaringan Komputer

C. Klasifikasi Macam-Macam Perangkat Lunak
·         Perangkat lunak aplikasi (application software) Adalah suatu subkelas perangkat (software) komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung, untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan si pengguna. Program ini dibuat programmer dan sudah disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya.
·         Sistem operasi (operating system) Sistem operasi adalah program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar, sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain sebagainya. Sistem operasi ini berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan.

Adapun fungsi utama sistem operasi adalah :
1. Menyimpan program dan aksesnya.
2. Membagi tugas di dalam CPU.
3. Mengalokasikan tugas-tugas penting.
4. Merekam sumber-sumber data.
5. Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data.
6. Memeriksa kesalahan sistem- Multitugas pada OS/2″, Windows ’95″, Windows ’98″, Windows NT”, /2000/XP.
7. Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID.

·         Perangkat lunak gratis (freeware) Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak (software) komputer yang memiliki cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, sehingga dapat dibedakan dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan).

·         Perangkat lunak uji coba (shareware / trialware) Shareware adalah program terbatas, program didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang telah ditetapkan (misalnya 30 hari) yang biasa disebut dengan masa trial. Dengan demikian, memberikan pengguna kesempatan untuk menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap dari suatu program.

·         Perangkat lunak perusak (malware) Adalah sebuah perangkat lunak yang bekerja untuk merusak tata kerja dari sistem komputer. Malware ini bekerja dengan mengganggu kinerja dari perangkat lunak yang ada dalam sistem komputer.Perangkat lunak perusak biasanya sangat mudah tersebar dari satu komputer ke komputer lain, apalagi yang terhubung dalam suatu jaringan (network), atau bisa juga lewat hardware portable, seperti USB flashdisk, card reader, atau floppy disk (disket).

·         Bahasa Pemrograman (programming language) Adalah program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer.g. Program Bantu (utility) Program bantu merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dan lain-lain.

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Perangkat lunak komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program   atau instruksi   yang   akan   menjalankan   suatu   perintah.   Melalui   software atau perangkat   lunak inilah   suatu   komputer   dapat   menjalankan   suatu   perintah. Tahapan perkembangan perangkat lunak ada empat yatiu era pioner, era stabil, era mikro dan era modern. Secara umum, perangkat lunak dibedakan atas dua yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.
B. Saran
Makalah ini membahas mengenai perkembangan teknologi pada perangkat lunak, dan penulis menyadari masih banyak kekurangan dari makalah ini. Penulis sangat mengharapkan masukan dari pembaca untuk menyempurnakan isi makalah ini.

DAFTAR PUSTAKA 
http://vivi_afifah.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/4483/ivansudirman
softwarekomputer.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar