1. Jelaskan definisi
perangkat lunak?
Pengertian
Software atau perangkat lunak komputer adalah sekumpulan data
elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang
disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan
menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah
suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.
2.
Jelaskan karakteristik perangkat lunak!
Atribut Perangkat Lunak seharusnya memberikan pengguna
kebutuhan fungsionalitas dan unjuk kerja yang dapat di rawat, berguna. Dalam Buku Software Engineering Ian Sommerville, Perangkat Lunak
mempunyai Karakteristik sebagai berikut:
- ü Maintanability (Dapat Dirawat), Perangkat Lunak harus dapat memenuhi perubahan kebutuhan
- ü Dependability, Perangkat Lunak harus dapat dipercaya
- ü Efisiensi, Perangkat Lunak harus efisien dalam penggunaan resource
- ü Usability, Perangkat Lunak harus dapat digunakan sesuai dengan yang direncanakan
3. Jelaskan probelm dalam pembuatan perangkat
lunak!
Dalam membangaun
software yang besar tidak cukup hanya setelah di coding dan tidak ditemukan
error selesai. Ternyata banyak sekali yang harus dilewati. Idealnya untuk
membangun software diperlukan beberapa tahapan antara lain : tahap
perencanaan , tahap desain dan tahap
testing yang masing-masing 3 bagian tersebut ada subagian yang
sangat detail. Salah satu kasus diatas yang akan disoroti tentang tahapan
TESTING.
Tahapan
Testing pada RPL Pengujian software (software testing)
membutuhkan persiapan, sebelum pengujian dilakukan. Mengapa? Karena proses
testing harus dilakukan secara sistematis, tidak bisa secara sembarang, karena
software yang dihasilkan harus bebas dari error, untuk mengurangi resiko
kerugian yang akan diderita oleh penggunanya. Produk software harus
menguntungkan penggunanya pada saat digunakan.
Berikut persiapan yang dapat dilakukan untuk dapat melakukan proses testing:
Berikut persiapan yang dapat dilakukan untuk dapat melakukan proses testing:
Ø Membuat
checklist
·
list yang akan ditest
·
list requirement
·
list rancangan
·
list spesifikasi
·
list manual, jika sudah ada - biasanya diperlukan
untuk pengujian oleh user
Ø pembuatan
test case
·
merupakan elemen dasar yang harus ditesting
·
merupakan list yang independent
Ø pembuatan
grup test case
·
kumpulan dari beberapa test case
·
merupakan list yang akan memiliki status hasil test
Ø pembuatan
modul test
·
pembuatan skenario testing
·
terdiri atas beberapa grup test case
·
diasosiasikan dengan fungsionalitas modul
·
mengacu kepada dokumen requirement dan
desain/spec program
Ø pembuatan
package testing
Ø pembuatan
produk test
4.
Jelaskan macam-macam perangkat lunak yang kamu ketahui?
- Perangkat lunak aplikasi (application software) Adalah suatu subkelas
perangkat (software)
komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung, untuk melakukan
suatu tugas yang diinginkan si pengguna. Program ini dibuat programmer dan
sudah disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya.
- Sistem operasi (operating system) Sistem operasi adalah program yang
berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar, sehingga
mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan
prosesor, dan lain-lain sebagainya. Sistem operasi ini berfungsi sebagai
penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang
akan digunakan.
Adapun fungsi utama sistem operasi adalah :
1. Menyimpan program dan aksesnya.
2. Membagi tugas di dalam CPU.
3. Mengalokasikan tugas-tugas penting.
4. Merekam sumber-sumber data.
5. Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data.
6. Memeriksa kesalahan sistem- Multitugas pada OS/2″, Windows ’95″, Windows ’98″, Windows NT”, /2000/XP.
7. Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID.
- Perangkat lunak gratis (freeware) Freeware atau perangkat
lunak gratis adalah
perangkat lunak (software) komputer yang memiliki cipta yang gratis
digunakan tanpa batasan waktu, sehingga dapat dibedakan dari shareware
yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu
percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan).
- Perangkat lunak uji coba (shareware / trialware)Shareware adalah program terbatas,
program didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi
dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu
yang telah ditetapkan (misalnya 30 hari) yang biasa disebut dengan masa
trial. Dengan demikian, memberikan pengguna kesempatan untuk menguji
produk sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap dari suatu
program.
- Perangkat lunak perusak (malware) Adalah sebuah perangkat
lunak yang bekerja untuk merusak tata kerja dari sistem komputer. Malware
ini bekerja dengan mengganggu kinerja dari perangkat lunak yang ada dalam
sistem komputer.Perangkat lunak perusak biasanya sangat mudah tersebar
dari satu komputer ke komputer lain, apalagi yang terhubung dalam suatu
jaringan (network), atau bisa juga lewat hardware portable, seperti USB
flashdisk, card reader, atau floppy disk (disket).
- Bahasa Pemrograman (programming language) Adalah program yang digunakan
untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa
pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar
diterima oleh komputer.g. Program Bantu (utility) Program bantu merupakan
perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan
yang ada hubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengopi
data, mengkompres file, dan lain-lain.
5. Jelaskan syarat-syarat perangkat
lunak!
Perangkat Lunak harus memberikan bantuan dalam mempresentasikan
dan mengakses file-file eksternal yang dibuat dengan alat bantu lain. Tujuan Requirements yaitu memahami
kebutuhan user. Untuk itu perlu adanya persyaratan-persyaratan antara lain:
1. Persyaratan Fungsional
dan Non Fungsional.
Contoh
Persyaratan fungsional:
·
User dapat mencari semua atau satu set awal database atau
memilih subset darinya.
·
System akan menyediakan viewer yang sesuai bagi user untuk
membaca dokumen pada penyimpanan (store) dokumen.
·
Semua pemesanan diberi identifier yang unik (ORDER_ID) yang
dapat di copy user ke area penyimpanan permanent untuk account tersebut.
Persyaratan
non-fungsional terdiri dari:
·
Persyaratan Produk: persyaratan yang diambil dari spesifikasi
produk, seperti persyaratan hardware untuk mendukung kinerja.
·
Persyaratan Organisasi: persyaratan yang berasal dari kebijakan
dan prosedur pada organisasi.
·
Persyaratan Eksternal: persyaratan yang berasal dari factor eksteral
terhadap system dan proses pengembangannya.
Ukuran
persyaratan non-fungsional
·
Kecepatan: transaksi yang diproses perdetik, waktu tanggal user
per event atau waktu refres layar.
·
Ukuran: KB atau jumlah Chip RAM.
·
Kemudahan Penggunaan: waktu pelatihan atau jumlah frame help.
·
Kehandalan: waktu rata-rata kegagalan, probabilitas
ketidaksediaan, kecepatan terjadinya kegagalan atau ketersediaan.
·
Ketahanan: waktu start ulang setelah kegagalan, prosentase event
yang gagal atau probabilitas korupsi data.
·
Portabilitas: prosentase peryataan tergantung target atau jumlah
system target.
- Persyaratan User.
Mendeskprisikan persyaratan fungsional dan non-fungsional
sehingga dapat dipahami oleh user yang tidak memiliki pengetahuan teknik.
Persyaratan user harus ditulis memakai bahasa natural formal dan diagaram
intuitif yang sederhana. Persyaratan user tidak boleh didefinisikan memakai
model implementasi.
Masalah
yang sering muncul:
·
Tidak ada kejelasan
·
Kesimpang-siuran persyaratan
·
Penggabungan persyaratan
- Persyaratan Sistem.
Persyaratan system ini lebih rinci dari persyaratan user, dan
berfungsi sebagai dasar kontrak untuk implementasi system. Persyaratan system
ini digunakan sebagai titik awal perancangan system. Bahasa natural banyak
digunakan dalam mendefinisikan persyaratan system.
4.
Dokumentasi
Persyaratan Perangkat Lunak.
Spesifikasi
Persyaratan Sistem
User harus diberi fasilitas untuk mendefinisikan jenis file
eksternal. Setiap file eksternal bisa memiliki alat bantu relevan yang bisa
diterapkan pada file tersebut. Setiap file eksternal bisa direpresentasikan
sebagai ikon yang spesifik pada display user. Fasilitas harus disediakan untuk
ikon yang merepresentasikan suatu jenis file eksternal yang akan didefinisikan
oleh user. Ketika user memilih suatu ikon yang merepresentasikan file
eksternal, efek pemilihan adalah penerapan alat bantu yang berhubungan dengan
jenis file eksternal ke file yang direpresentasikan oleh ikon yang dipilih.
Klasifikasi
Requirements
1.
Requirements Fungsional
Yaitu pernyataan layanan tentang bagaimana system harus bereaksi
terhadap input. System harus berlaku pada situasi-situasi tertentu. Secara
khusus menyatakan apa yang tidak boleh dilakukan system merupakan Fungsi teknis
dari perangkat lunak yang akan dikembangkan.
- Requirements Non-fungsional
Yaitu
pernyataan tentang batasan layanan dan fungsi yang diberikan system.
• Merupakan Persyaratan yang bersifat
kualitatif terhadap sistem atau perangkat lunak yang akan dikembangkan.
• Biasanya mencakup batasan waktu, batasan
proses pengembangan, penggunaan standar, dsb.
- Requirements Domain
Yaitu
persyaratan yang datang dari domain aplikasi system dan merefleksikan
karakteristik domain tersebut.
•
Mencakup domain sistem beserta karakteristiknya.
•
Persyaratan ini bisa berupa persyaratan fungsional maupun non-fungsional.
Notasi
Spesifikasi Persyaratan
- Bahasa Natural Terstruktur
Pendekatan
ini tergantung pada pendefinisian format atau template standar untuk menyatakan
spesifikasi persyaratan.
- Bahasa Deskripsi Desain
Pendekatan
ini menggunakan bahasa pemrograman tetapi dengan lebih banyak fitur abstrak.
- Notasi Grafis
Bahasa
grafis dilengkapi oleh notasi teks yang digunakan untuk mendefinisikan
persyaratan fungsional. Contoh bahasa grafis adalah SADT (Ross 1977), Use-Case
(Jacobson et al. 1993).
- Spesifikasi Matematis
Notasi
seperti himpunan atau finite-state machine, lebih dikenal dengan bahasa formal.
Metode
Requirements
•
Metode -> Bagaimana menjembatani antara user dengan pengembang perangkat
lunak atau developer.
•
Tujuan lebih lanjut adalah agar tidak terjadi kesalahan persepsi baik dari sisi
user maupun developer.
•
Metode : SRS Document.
SRS
Document
•
SRS: Software Requirements Specification
•
Tujuan:
– Aspek
legalitas antara user dengan developer
– Dengan
adanya SRS, diharapkan kebutuhan user akan dapat terpenuhi dengan baik
•
Syarat SRS Document:
– Harus
dapat menspesifikasi perilaku eksternal
– Harus
dapat menspesifikasi batasan-batasan implementasi
– Harus
mudah diubah
– Sebagai
alat bantu referensi untuk maintenance
– Harus
ada perkiraan mengenai siklus hidup sistem
– Harus
dapat mencirikan tanggapan yang dapat diterima terhadap kejadian yang tidak
diinginkan
•
Ada standar tertentu untuk pembuatan SRS Document yaitu Standar IEEE
6. Jelaskan tahapan perangkat lunak!
1.
Analisis
Analisis sistem adalah sebuah teknik pemecahan masalah yang
menguraikan sebuah sistem menjadi komponen-komponennya dengan tujuan
mempelajari seberapa bagus komponen-komponen tersebut bekerja dan berinteraksi
untuk meraih tujuan mereka.
Ada satu bagian penting yang biasanya dilakukan dalam tahapan
analisis yaitu pemodelan proses bisnis. Model proses adalah model yang
memfokuskan pada seluruh proses di dalam sistem yang mentransformasikan data
menjadi informasi. Model proses juga menunjukkan aliran data yang masuk dan
keluar pada suatu proses. Biasanya model ini digambarkan dalam bentu Diagram
Arus Data (Data Flow Diagram / DFD). DFD meyajikan gambaran apa yang manusia,
proses dan prosedur lakukan untuk mentransformasi data menjadi informasi.
2.
Disain
Disain perangkat lunak adalah tugas, tahapan atau aktivitas yang
difokuskan pada spesifikasi detil dari solusi berbasis computer. Disain
perangkat lunak sering juga disebut sebagai physical design. Jika tahapan
analisis sistem menekankan pada masalah bisnis, maka sebaliknya disain
perangkat lunak fokus pada sisi teknis dan implementasi sebuah perangkat lunak.
Output utama dari tahapan disain perangkat lunak adalah spesifikasi
disain. Spesifikasi ini meliputi spesifikasi disain umum yang akan disampaikan
kepada stakeholder sistem dan spesifikasi disain rinci yang akan digunakan pada
tahap implementasi. Spesifikasi disain umum hanya berisi gambaran umum agar
stakeholder sistem mengerti akan seperti apa perangkat lunak yang akan
dibangun. Biasanya diagram USD tentang perangkat lunak yang baru merupakan
point penting dibagian ini. Spesifikasi disain rinci atau kadang disebut disain
arsitektur rinci perangkat lunak diperlukan untuk merancang sistem sehingga
memiliki konstruksi yang baik, proses pengolahan data yang tepat dan akurat,
bernilai, memiliki aspek user friendly dan memiliki dasar-dasar untuk
pengembangan selanjutnya.
3.
Konstruksi
Konstruksi adalah tahapan menerjemahkan hasil disain logis dan
fisik ke dalam kode-kode program computer. Buku ini sebagian besar berisi
tentang bagian ini.
4.
Pengujian
Pengujian sistem melibatkan semua kelompok pengguna yang telah
direncanakan pada tahap sebelumnya. Pengujian tingkat penerimaan terhadap
perangkat lunak akan berakhir ketika dirasa semua kelompok pengguna menyatakan
bisa menerima perangkat lunak tersebut berdasarkan criteriakriteria yang telah
ditetapkan.
5.
Perawatan dan Konfigurasi
Ketika sebuah perangkat lunak telah dianggap layak untuk
dijalankan, maka tahapan baru menjadi muncul yaitu perawatan perangkat lunak.
7. Apa perbedaan pemrogaman desktop dan visual?
Pemrogaman Berbasis Desktop adalah
pemrograman
yang di lakukan dengan memanipulasi elemen-elemen visual yang di lakukan
pada sebuah PC tunggal yang pengoperasiannya tidak bergantung pada PC lain
dalam jaringan maupun web.
Pemrograman Berbasis Visual adalah metode
pembuatan program dimana programmer membuat koneksi antara objek-objek dengan
cara menggambar, menunjuk,, dan mengklik pada diagram dan ikon dan dengan
berinteraksi dengan diagram alur.
8. Apa perbedaan pemrogaman visual dengan web
base?
Pemrogaman visual
seperti yang sudah dijelaskan diatas. Sedangkan pemrogaman web base
merupakan proses pembuatan aplikasi/program komputer berdasarkan pada
halaman web yang menampilkan berbagai macam data dan informasi seperti text,
grafik/gambar, suara, video dan animasi melalui protokol transfer hypertext.
9. Mengapa kebanyakan progamer lebih senang
menggunakan bahasa pemrogaman berbasis mobile? Jelaskan alasannya!
Bahasa pemrogaman berbasis mobile/web saat ini bisa dikatakan
adalah sebagai bahasa pemrograman yang paling sering digunakan dan menjadi
trend diseluruh dunia. Banyak sekali aplikasi yang dibuat oleh perusahaan
besar, kelompok maupun oleh personal seperti Facebook, plug in, template/theme,
transaksi bank, game dan masih banyak lagi semua berbasis website. Pemrograman
berbasis web kedepannya masih sangat menjanjikan untuk dijadikan sumber
penghasilan apabila ditekuni dengan baik.
Sumber referensi :
Paket hemat kursus IT & Networking:
BalasHapus+ Basic PC, Merakit PC
+ Mengatasi masalah2 PC
+ Networking, Climping Cable, IP, Routing
+ Share Network Drive, dll
kursus cuma 1 hari, atau 4x pertemuan, garansi pasti bisa
Tersedia juga kursus lain : Web Designer, Lavarel
minat? contact me by WA : 085697853580
saya mau tanya?
BalasHapuspertanyaannya : bagaimana cara mengatasi software jaringan?
Komputer saya kena virus ransomware di local disk D dan E bgai mna cra mengeblikan file nya
BalasHapusBest No Deposit Bonus Codes in India - Herzamanindir.com
BalasHapus5 steps1.Visit https://vannienailor4166blog.blogspot.com/ the official website titanium earrings of No Deposit India.
Benefits of using a no deposit bonus.
Benefits of using a septcasino no deposit bonus.
Benefits of using a herzamanindir no deposit bonus.
Online Sincere Accessory domain https://jancasino.com/review/merit-casino/ www.online-bookmakers.info