Selasa, 24 Mei 2016

SOAL TANYA JAWAB SEPUTAR PERANGKAT LUNAK ILMU KOMPUTER

1. Jelaskan definisi perangkat lunak?
Pengertian Software atau perangkat lunak komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.

2. Jelaskan karakteristik perangkat lunak!
Atribut Perangkat Lunak seharusnya memberikan pengguna kebutuhan fungsionalitas dan unjuk kerja yang dapat di rawat, berguna. Dalam Buku Software Engineering Ian Sommerville, Perangkat Lunak mempunyai Karakteristik sebagai berikut:

  • ü  Maintanability (Dapat Dirawat), Perangkat Lunak harus dapat memenuhi  perubahan  kebutuhan
  • ü  Dependability, Perangkat Lunak harus dapat dipercaya
  • ü  Efisiensi, Perangkat Lunak harus efisien dalam penggunaan resource
  • ü  Usability, Perangkat Lunak harus dapat digunakan sesuai dengan yang direncanakan 

3. Jelaskan probelm dalam pembuatan perangkat lunak!
        Dalam membangaun software yang besar tidak cukup hanya setelah di coding dan tidak ditemukan error selesai. Ternyata banyak sekali yang harus dilewati. Idealnya untuk membangun software diperlukan beberapa tahapan antara lain : tahap perencanaan , tahap desain dan tahap testing yang masing-masing 3 bagian tersebut ada subagian yang sangat detail. Salah satu kasus diatas yang akan disoroti tentang tahapan TESTING.

Tahapan Testing pada RPL Pengujian software (software testing) membutuhkan persiapan, sebelum pengujian dilakukan. Mengapa? Karena proses testing harus dilakukan secara sistematis, tidak bisa secara sembarang, karena software yang dihasilkan harus bebas dari error, untuk mengurangi resiko kerugian yang akan diderita oleh penggunanya. Produk software harus menguntungkan penggunanya pada saat digunakan.
Berikut persiapan yang dapat dilakukan untuk dapat melakukan proses testing:
Ø  Membuat checklist 
·         list yang akan ditest 
·         list requirement 
·         list rancangan 
·         list spesifikasi 
·         list manual, jika sudah ada - biasanya diperlukan untuk pengujian oleh user 
Ø  pembuatan test case 
·         merupakan elemen dasar yang harus ditesting 
·         merupakan list yang independent 
Ø  pembuatan grup test case 
·         kumpulan dari beberapa test case 
·         merupakan list yang akan memiliki status hasil test 
Ø  pembuatan modul test 
·         pembuatan skenario testing 
·         terdiri atas beberapa grup test case 
·         diasosiasikan dengan fungsionalitas modul 
·         mengacu kepada dokumen requirement dan desain/spec program 
Ø  pembuatan package testing 
Ø  pembuatan produk test 

4. Jelaskan macam-macam perangkat lunak yang kamu ketahui?
  • Perangkat lunak aplikasi (application software) Adalah suatu subkelas perangkat (software) komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung, untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan si pengguna. Program ini dibuat programmer dan sudah disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya.
  • Sistem operasi (operating system) Sistem operasi adalah program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar, sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain sebagainya. Sistem operasi ini berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan.
    Adapun fungsi utama sistem operasi adalah :
    1. Menyimpan program dan aksesnya.
    2. Membagi tugas di dalam CPU.
    3. Mengalokasikan tugas-tugas penting.
    4. Merekam sumber-sumber data.
    5. Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data.
    6. Memeriksa kesalahan sistem- Multitugas pada OS/2″, Windows ’95″, Windows ’98″, Windows NT”, /2000/XP.
    7. Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID.
  • Perangkat lunak gratis (freeware) Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak (software) komputer yang memiliki cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, sehingga dapat dibedakan dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan).
  • Perangkat lunak uji coba (shareware / trialware)Shareware adalah program terbatas, program didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang telah ditetapkan (misalnya 30 hari) yang biasa disebut dengan masa trial. Dengan demikian, memberikan pengguna kesempatan untuk menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap dari suatu program.
  • Perangkat lunak perusak (malware) Adalah sebuah perangkat lunak yang bekerja untuk merusak tata kerja dari sistem komputer. Malware ini bekerja dengan mengganggu kinerja dari perangkat lunak yang ada dalam sistem komputer.Perangkat lunak perusak biasanya sangat mudah tersebar dari satu komputer ke komputer lain, apalagi yang terhubung dalam suatu jaringan (network), atau bisa juga lewat hardware portable, seperti USB flashdisk, card reader, atau floppy disk (disket).
  • Bahasa Pemrograman (programming language) Adalah program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer.g. Program Bantu (utility) Program bantu merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dan lain-lain.

5. Jelaskan syarat-syarat perangkat lunak!
Perangkat Lunak harus memberikan bantuan dalam mempresentasikan dan mengakses file-file eksternal yang dibuat dengan alat bantu lain. Tujuan Requirements yaitu memahami kebutuhan user. Untuk itu perlu adanya persyaratan-persyaratan antara lain:
1.  Persyaratan Fungsional dan Non Fungsional.
Contoh Persyaratan fungsional:
·         User dapat mencari semua atau satu set awal database atau memilih subset darinya.
·         System akan menyediakan viewer yang sesuai bagi user untuk membaca dokumen pada penyimpanan (store) dokumen.
·         Semua pemesanan diberi identifier yang unik (ORDER_ID) yang dapat di copy user ke area penyimpanan permanent untuk account tersebut.
Persyaratan non-fungsional terdiri dari:
·         Persyaratan Produk: persyaratan yang diambil dari spesifikasi produk, seperti persyaratan hardware untuk mendukung kinerja.
·         Persyaratan Organisasi: persyaratan yang berasal dari kebijakan dan prosedur pada organisasi.
·         Persyaratan Eksternal: persyaratan yang berasal dari factor eksteral terhadap system dan proses pengembangannya.
Ukuran persyaratan non-fungsional
·         Kecepatan: transaksi yang diproses perdetik, waktu tanggal user per event atau waktu refres layar.
·         Ukuran: KB atau jumlah Chip RAM.
·         Kemudahan Penggunaan: waktu pelatihan atau jumlah frame help.
·         Kehandalan: waktu rata-rata kegagalan, probabilitas ketidaksediaan, kecepatan terjadinya kegagalan atau ketersediaan.
·         Ketahanan: waktu start ulang setelah kegagalan, prosentase event yang gagal atau probabilitas korupsi data.
·         Portabilitas: prosentase peryataan tergantung target atau jumlah system target.
  1. Persyaratan User.
Mendeskprisikan persyaratan fungsional dan non-fungsional sehingga dapat dipahami oleh user yang tidak memiliki pengetahuan teknik. Persyaratan user harus ditulis memakai bahasa natural formal dan diagaram intuitif yang sederhana. Persyaratan user tidak boleh didefinisikan memakai model implementasi.
Masalah yang sering muncul:
·         Tidak ada kejelasan
·         Kesimpang-siuran persyaratan
·         Penggabungan persyaratan
  1. Persyaratan Sistem.
Persyaratan system ini lebih rinci dari persyaratan user, dan berfungsi sebagai dasar kontrak untuk implementasi system. Persyaratan system ini digunakan sebagai titik awal perancangan system. Bahasa natural banyak digunakan dalam mendefinisikan persyaratan system.
4.    Dokumentasi Persyaratan Perangkat Lunak.

Spesifikasi Persyaratan Sistem
User harus diberi fasilitas untuk mendefinisikan jenis file eksternal. Setiap file eksternal bisa memiliki alat bantu relevan yang bisa diterapkan pada file tersebut. Setiap file eksternal bisa direpresentasikan sebagai ikon yang spesifik pada display user. Fasilitas harus disediakan untuk ikon yang merepresentasikan suatu jenis file eksternal yang akan didefinisikan oleh user. Ketika user memilih suatu ikon yang merepresentasikan file eksternal, efek pemilihan adalah penerapan alat bantu yang berhubungan dengan jenis file eksternal ke file yang direpresentasikan oleh ikon yang dipilih.

Klasifikasi Requirements
1.      Requirements Fungsional
Yaitu pernyataan layanan tentang bagaimana system harus bereaksi terhadap input. System harus berlaku pada situasi-situasi tertentu. Secara khusus menyatakan apa yang tidak boleh dilakukan system merupakan Fungsi teknis dari perangkat lunak yang akan dikembangkan.
  1. Requirements Non-fungsional
      Yaitu pernyataan tentang batasan layanan dan fungsi yang diberikan system.
• Merupakan Persyaratan yang bersifat kualitatif terhadap sistem atau perangkat lunak yang akan dikembangkan.
• Biasanya mencakup batasan waktu, batasan proses pengembangan, penggunaan standar, dsb.
  1. Requirements Domain
Yaitu persyaratan yang datang dari domain aplikasi system dan merefleksikan karakteristik domain tersebut.
• Mencakup domain sistem beserta karakteristiknya.
• Persyaratan ini bisa berupa persyaratan fungsional maupun non-fungsional.

Notasi Spesifikasi Persyaratan
  1. Bahasa Natural Terstruktur
Pendekatan ini tergantung pada pendefinisian format atau template standar untuk menyatakan spesifikasi persyaratan.
  1. Bahasa Deskripsi Desain
Pendekatan ini menggunakan bahasa pemrograman tetapi dengan lebih banyak fitur abstrak.
  1. Notasi Grafis
Bahasa grafis dilengkapi oleh notasi teks yang digunakan untuk mendefinisikan persyaratan fungsional. Contoh bahasa grafis adalah SADT (Ross 1977), Use-Case (Jacobson et al. 1993).
  1. Spesifikasi Matematis
Notasi seperti himpunan atau finite-state machine, lebih dikenal dengan bahasa formal.

Metode Requirements
• Metode -> Bagaimana menjembatani antara user dengan pengembang perangkat lunak atau developer.
• Tujuan lebih lanjut adalah agar tidak terjadi kesalahan persepsi baik dari sisi user maupun developer.
• Metode : SRS Document.

SRS Document
• SRS: Software Requirements Specification
• Tujuan:
–  Aspek legalitas antara user dengan developer
–  Dengan adanya SRS, diharapkan kebutuhan user akan dapat terpenuhi dengan baik
• Syarat SRS Document:
–  Harus dapat menspesifikasi perilaku eksternal
–  Harus dapat menspesifikasi batasan-batasan implementasi
–  Harus mudah diubah
–  Sebagai alat bantu referensi untuk maintenance
–  Harus ada perkiraan mengenai siklus hidup sistem
     –  Harus dapat mencirikan tanggapan yang dapat diterima terhadap kejadian yang tidak diinginkan
• Ada standar tertentu untuk pembuatan SRS Document yaitu Standar IEEE

6. Jelaskan tahapan perangkat lunak!
1. Analisis
Analisis sistem adalah sebuah teknik pemecahan masalah yang menguraikan sebuah sistem menjadi komponen-komponennya dengan tujuan mempelajari seberapa bagus komponen-komponen tersebut bekerja dan berinteraksi untuk meraih tujuan mereka.
Ada satu bagian penting yang biasanya dilakukan dalam tahapan analisis yaitu pemodelan proses bisnis. Model proses adalah model yang memfokuskan pada seluruh proses di dalam sistem yang mentransformasikan data menjadi informasi. Model proses juga menunjukkan aliran data yang masuk dan keluar pada suatu proses. Biasanya model ini digambarkan dalam bentu Diagram Arus Data (Data Flow Diagram / DFD). DFD meyajikan gambaran apa yang manusia, proses dan prosedur lakukan untuk mentransformasi data menjadi informasi.
2. Disain
Disain perangkat lunak adalah tugas, tahapan atau aktivitas yang difokuskan pada spesifikasi detil dari solusi berbasis computer. Disain perangkat lunak sering juga disebut sebagai physical design. Jika tahapan analisis sistem menekankan pada masalah bisnis, maka sebaliknya disain perangkat lunak fokus pada sisi teknis dan implementasi sebuah perangkat lunak.
Output utama dari tahapan disain perangkat lunak adalah spesifikasi disain. Spesifikasi ini meliputi spesifikasi disain umum yang akan disampaikan kepada stakeholder sistem dan spesifikasi disain rinci yang akan digunakan pada tahap implementasi. Spesifikasi disain umum hanya berisi gambaran umum agar stakeholder sistem mengerti akan seperti apa perangkat lunak yang akan dibangun. Biasanya diagram USD tentang perangkat lunak yang baru merupakan point penting dibagian ini. Spesifikasi disain rinci atau kadang disebut disain arsitektur rinci perangkat lunak diperlukan untuk merancang sistem sehingga memiliki konstruksi yang baik, proses pengolahan data yang tepat dan akurat, bernilai, memiliki aspek user friendly dan memiliki dasar-dasar untuk pengembangan selanjutnya.
3. Konstruksi
Konstruksi adalah tahapan menerjemahkan hasil disain logis dan fisik ke dalam kode-kode program computer. Buku ini sebagian besar berisi tentang bagian ini.
4. Pengujian
Pengujian sistem melibatkan semua kelompok pengguna yang telah direncanakan pada tahap sebelumnya. Pengujian tingkat penerimaan terhadap perangkat lunak akan berakhir ketika dirasa semua kelompok pengguna menyatakan bisa menerima perangkat lunak tersebut berdasarkan criteriakriteria yang telah ditetapkan.
5. Perawatan dan Konfigurasi
Ketika sebuah perangkat lunak telah dianggap layak untuk dijalankan, maka tahapan baru menjadi muncul yaitu perawatan perangkat lunak.

7. Apa perbedaan pemrogaman desktop dan visual?
Pemrogaman Berbasis Desktop adalah pemrograman yang di lakukan  dengan memanipulasi elemen-elemen visual yang di lakukan pada sebuah PC tunggal yang pengoperasiannya tidak bergantung pada PC lain dalam jaringan maupun web.
Pemrograman Berbasis Visual adalah metode pembuatan program dimana programmer membuat koneksi antara objek-objek dengan cara menggambar, menunjuk,, dan mengklik pada diagram dan ikon dan dengan berinteraksi dengan diagram alur.

8. Apa perbedaan pemrogaman visual dengan web base?
Pemrogaman visual seperti yang sudah dijelaskan diatas. Sedangkan pemrogaman web base merupakan proses pembuatan aplikasi/program komputer berdasarkan pada halaman web yang menampilkan berbagai macam data dan informasi seperti text, grafik/gambar, suara, video dan animasi melalui protokol transfer hypertext.

9. Mengapa kebanyakan progamer lebih senang menggunakan bahasa pemrogaman berbasis mobile? Jelaskan alasannya!
Bahasa pemrogaman berbasis mobile/web saat ini bisa dikatakan adalah sebagai bahasa pemrograman yang paling sering digunakan dan menjadi trend diseluruh dunia. Banyak sekali aplikasi yang dibuat oleh perusahaan besar, kelompok maupun oleh personal seperti Facebook, plug in, template/theme, transaksi bank, game dan masih banyak lagi semua berbasis website. Pemrograman berbasis web kedepannya masih sangat menjanjikan untuk dijadikan sumber penghasilan apabila ditekuni dengan baik.

Sumber referensi :

4 komentar:

  1. Paket hemat kursus IT & Networking:

    + Basic PC, Merakit PC
    + Mengatasi masalah2 PC
    + Networking, Climping Cable, IP, Routing
    + Share Network Drive, dll

    kursus cuma 1 hari, atau 4x pertemuan, garansi pasti bisa


    Tersedia juga kursus lain : Web Designer, Lavarel

    minat? contact me by WA : 085697853580

    BalasHapus
  2. saya mau tanya?
    pertanyaannya : bagaimana cara mengatasi software jaringan?

    BalasHapus
  3. Komputer saya kena virus ransomware di local disk D dan E bgai mna cra mengeblikan file nya

    BalasHapus
  4. Best No Deposit Bonus Codes in India - Herzamanindir.com
    5 steps1.Visit https://vannienailor4166blog.blogspot.com/ the official website titanium earrings of No Deposit India.
    Benefits of using a no deposit bonus.
    Benefits of using a septcasino no deposit bonus.
    Benefits of using a herzamanindir no deposit bonus.
    Online Sincere Accessory domain https://jancasino.com/review/merit-casino/ www.online-bookmakers.info

    BalasHapus